Anda disini: Home Intermezzo Serba - Serbi Jakarta Telusuri Perjalanan VOC

Serba - Serbi

Telusuri Perjalanan VOC

infoindo vocI-Listeners, pada saat mendengar kata ‘VOC’, pikiran Anda akan kembali pada saat duduk di bangku Sekolah Dasar, dimana sang guru menjelaskan mengenai sebuah perusahaan yang diciptakan Belanda untuk menguasai perdagangan di Indonesia pada masa penjajahan.

Berdiri pada tanggal 20 Maret 1602, perusahaan dengan kepanjangan Vereenigde Oostindische Compagnie (Perusahaan Hindia Timur Belanda) ini dianggap sebagai sebuah perusahaan pertama yang mengeluarkan system pembagian saham di Indonesia. Pada masa penjajahannya, VOC pun tidak selalu tertarik kepada semua barang yang diperdagangkan di Indonesia, umumnya para penjajah Eropa yang datang ke Indonesia, berusaha untuk mengambil hasil bumi tanah, berupa rempah-rempah. Umumnya rempah-rempah yang diambil adalah cengkeh, yang tidak tumbuh di daratan Eropa. 

VOC pun memiliki beberapa dukungan dari negara-negara dan juga fasilitas-fasilitas yang istimewa. Hal inilah yang menyebabkan VOC dengan bebas melakukan beberapa perubahan-perubahan atau membuat perturan khusus di pasar Indonesia, demi mengontrol dan mengambil keuntungannya sendiri. Tidak hanya itu saja, dengan dukungan yang diberikan kepada VOC, maka mereka pun berhak untuk memiliki tentara dan bernegosiasi dengan negara-negara lainnya. Hal ini jugalah yang membuat VOC semakin berkuasa, karena membuat kedudukannya sama tinggi, dengan negara Indonesia sendiri pada saat itu. 

Sumber: Twitter Sejarah RI


Close

Comments: